Tujuan reklame adalah untuk
memperkenalkan hasil suatu produksi atau barang kepada masyarakat luas
sehingga masyarakat telah mengenal dan berusaha untuk memiliki atau
membeli barang atau produk tersebut.
Arti reklame: sebagai alat propaganda untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau barang.
Tujuannya: agar barang dagangan dapat dikenal oleh masyarakat dan masyarakat dapat membeli, dan memilikinya.
Syarat reklame:
1. Gambar reklame harus sesuai dengan barang yang direklamekan
2. Reklame tidak boleh bohong
3. Kalimat harus jelas, singkat dan mudah diingat
4. Warna harus bagus, menyolok atau kontras.
Sifat reklame:
- Komersil, tujuannya untuk mendatangkan keuntungan
- Sosial, tujuannya untuk menerangkan, menyiapkan, menganjurkan (saran), permintaan kepada masyarakat.
Bentuk-bentuk reklame: poster, spanduk, stiker, slide, brosur, pamflet.
Menurut pemasangannya dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Reklame di dalam ruangan. Contohnya: TV, radio, kalender, jam dinding
2. Reklame di luar ruangan. Contohnya: poster, spanduk.
Fungsi reklame
1. Memperkenalkan produk kepada masyarakat
2. Alat komunikasi.
Jenis-jenis reklame
- Iklan, adalah reklame yang ditujukan kepada masyarakat tertentu yang merupakan memperkenalkan atau menjual barang-barang
- Poster, adalah reklame berupa papan pengumuman yang mengenalkan suatu produk yang terdiri dari gambar dan tulisan berisi himbauan dan anjuran
- Spanduk, adalah reklame yang dibuat pada kain yang direntangkan di tepi-tepi jalan atau pada pohon-pohon atau di tempat-tempat penataran
- Plakat, adalah pengumuman pada dinding atau tembok yang dipasang di tempat umum
- Brosur, adalah bahan informasi tertulis yang terdiri dari beberapa halaman dan dapat dilipat
- Pamflet, adalah selebaran kertas pengumuman yang disebarkan melalui kendaraan bermotor.
Reklame menurut peletakan medianya
1. Reklame audio, adalah reklame yang hanya dapat dibuat dengan menggunakan suara. Contoh: radio.
2. Reklame visual, adalah reklame yang dibuat melalui penglihatan atau yang dapat dilihat yang terdiri dari tulisan dan gambar. Contoh: poster, spanduk, majalah, slide.
3. Reklame gabungan audiovisual, adalah reklame yang dapat dilihat dan didengar. Contoh: TV, bioskop.
Arti reklame: sebagai alat propaganda untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau barang.
Tujuannya: agar barang dagangan dapat dikenal oleh masyarakat dan masyarakat dapat membeli, dan memilikinya.
Syarat reklame:
1. Gambar reklame harus sesuai dengan barang yang direklamekan
2. Reklame tidak boleh bohong
3. Kalimat harus jelas, singkat dan mudah diingat
4. Warna harus bagus, menyolok atau kontras.
Sifat reklame:
- Komersil, tujuannya untuk mendatangkan keuntungan
- Sosial, tujuannya untuk menerangkan, menyiapkan, menganjurkan (saran), permintaan kepada masyarakat.
Bentuk-bentuk reklame: poster, spanduk, stiker, slide, brosur, pamflet.
Menurut pemasangannya dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Reklame di dalam ruangan. Contohnya: TV, radio, kalender, jam dinding
2. Reklame di luar ruangan. Contohnya: poster, spanduk.
Fungsi reklame
1. Memperkenalkan produk kepada masyarakat
2. Alat komunikasi.
Jenis-jenis reklame
- Iklan, adalah reklame yang ditujukan kepada masyarakat tertentu yang merupakan memperkenalkan atau menjual barang-barang
- Poster, adalah reklame berupa papan pengumuman yang mengenalkan suatu produk yang terdiri dari gambar dan tulisan berisi himbauan dan anjuran
- Spanduk, adalah reklame yang dibuat pada kain yang direntangkan di tepi-tepi jalan atau pada pohon-pohon atau di tempat-tempat penataran
- Plakat, adalah pengumuman pada dinding atau tembok yang dipasang di tempat umum
- Brosur, adalah bahan informasi tertulis yang terdiri dari beberapa halaman dan dapat dilipat
- Pamflet, adalah selebaran kertas pengumuman yang disebarkan melalui kendaraan bermotor.
Reklame menurut peletakan medianya
1. Reklame audio, adalah reklame yang hanya dapat dibuat dengan menggunakan suara. Contoh: radio.
2. Reklame visual, adalah reklame yang dibuat melalui penglihatan atau yang dapat dilihat yang terdiri dari tulisan dan gambar. Contoh: poster, spanduk, majalah, slide.
3. Reklame gabungan audiovisual, adalah reklame yang dapat dilihat dan didengar. Contoh: TV, bioskop.
No comments:
Post a Comment