Saturday 21 November 2015

Jenis Iklan Media Cetak

Pengertian Poster, Reklame dan Iklan

Pengertian Poster
Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal. Cat poster biasa juga disebut cat plakat karena meniliki sifat yang pekat, sifatnya datar cocok untuk menggambar dekoratif.

Pengertian Reklame

Reklame adalah seruan berulang-ulang untuk menarik perhatian dan mempengaruhi orang.
Reklame adalah Pemberitahuan kepada umum tentang suatu produk baik barang maupun jasa supaya laku.
Pengertian Iklan

Iklan adalah pemberitahuan tentang suatu hal (produk, layanan, jasa)
Macam-macam iklan menurut sifatnya:
1. Iklan Informatif
2. Iklan Memaksa
3. Iklan Menakut-nakuti
4. Iklan Persuasif
Macam-macam iklan menurut isinya:
1. Iklan Penawaran
2. Iklan Permintaan
3. Iklan Keluarga
4. Iklan Layanan Masyarakat
Tujuan Iklan

Agar pembaca atau pendengar berbuat/ mengambil sebuah tindakan
Jenis Iklan Media Cetak

1. Iklan baris
2. Iklan display
3. Artikel
Perbedaan Reklame dengan Iklan

Reklame

Reklame berupa kalimat singkat, tulisan, gambar mencolok
medianya: Papan reklame, spanduk, poster (dipasang di tempat terbuka)
Iklan

Iklan berupa kalimat, bisa panjang bahkan ada yang berupa artikel
medianya : media cetak (koran ,majalah) dan media elektronik (televisi, radio, film)
sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Poster 
http://bahasaindonesiakelasxii.blogspot.com/2009/10/reklame-iklan-dan-poster-bahan-ajar.html

No comments:

Post a Comment